Tol Getaci akan menjadi tol terpanjang di Indonesia

 


Tol Getaci adalah singkatan dari Gedebage, Tasikmalaya dan Cilacap merupakan jalan tol trans Jawa yang akan menjadi tol terpanjang di Indonesia, mengalahkan tol Cipali.

Tol Cipali memiliki panjang 116 km, sedangkan tol Getaci nanti panjangnya mencapai 206 km, dari kota bandung Jawa Barat sampai Cilacap Jawa Tengah.

Tol ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di daerah selatan pulau Jawa seperti Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran sampai Cilacap, yang mana sudah jadi hal umum kalo masyarakat pulau Jawa bagian selatan kurang maju ekonomi nya.

Dengan panjang seperti itu, wajar saja kalo membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Estimasi biaya untuk membangun jalan Tol Getaci diperkirakan mencapai 57 triliun rupiah.

Tingginya biaya hal itu disebabkan karena Medan nya yang memang berbukit-bukit atau pegunungan. Hal ini memerlukan kontruksi khusus agar jalan tidak mudah ambles.

Jalan Tol Gedebage–Tasikmalaya–Cilacap dilengkapi dengan 10 simpang susun dan memiliki 2 jalur yang masing-masing memiliki 2 lajur selebar 3,60 m. 

Menggunakan konstruksi untuk struktur permukaan tanah (at grade) dengan jenis perkerasan rigid pavement sepanjang 175,27 km dan struktur layang (elevated) dengan jenis perkerasan struktur dilapis Asphalt Concrete – Wearing Course (AC–WC) sepanjang 22,26 km.

 Untuk kontruksi atau pembangunan sayangnya belum dimulai, sebabnya hanya sedikit perusahaan yang ikut tender proyek ini. Sebenarnya pada tahun 2022 sudah ada yang memenangkan tender yakni konsorsium PT Trans Persada Sejahtera-PT Wiranusantara Bumi dan konsorsium PT Dayamulia Turangga-PT China State Construction Overseas Development Shanghai.

Tapi sayangnya sampai batas waktu yang ditentukan, kedua perusahaan itu belum memulai sehingga dinyatakan default atau batal. Kemungkinan karena bukan jalur ramai jadi bimbang.

Pemerintah kino sedang melelang ulang proyek tol tersebut. Apakah anda berminat?

Komentar

  1. biaya penggarapan tol lumayan gede ya, terus dari semua faktor banyak yang tidak mendukung, pantas saja masih di pending :D,

    BalasHapus
  2. Iya sih, harusnya jalur selatan Jawa dibangun tol juga kayak Pantura, biar ada pemerataan pembangunan gitu

    BalasHapus
  3. Luar biasa sekali! kalo saja terwujud pasti bisa membantu perjalanan menjadi jauh lebih cpt. Tp sayang, masalah pasti ada saja. Kok sampe dilelang gitu ya?

    BalasHapus
  4. Panjang banget ya 200 km lebih, apalagi kayaknya berbelok-belok, bisa 2 jam lebih kalo lewat tol itu, kalo Cipali paling 1 jam sudah sampai.

    BalasHapus
  5. Memang ada kemungkinan jalur ini bukan jalur ramai maka batal dikerjakan dan tak banyak yang berminat untuk mengerjakannya

    BalasHapus
  6. Wah, lumayan jauh nih dari Gedebage ke Cilacap.
    Kapan ya, terwujudnya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Jembatan Selat Sunda (JSS) belum dibuat

Penyebab tol trans Jawa dari Probolinggo ke Banyuwangi belum selesai

Mungkin kah membuat jembatan antara pulau Jawa dan Kalimantan